Followers

Tuesday, May 1, 2012

May Day

Hari ini tepat tanggal 1 Mei, Hari Buruh Se Dunia (May Day) diperingati serentak di berbagai kota di indonesia dengan aksi unjuk rasa ribuan buruh . Begitulah cara buruh menuntut hak dan memperjuangkan nasibnya dengan memanfaatkan momentum May Day


 

Menurut gue sih sebenaranya ga masalah selama aksi itu berjalan tertib dan lancar. Ga perlu pakai blokade dan mengikutcampurkan TNI lagi. Karena aksi buruh yang tertib aturan ga akan mengganggu. Sebaliknya kalau sudah mulai dengan aksi kekerasan dan bakar-membakar perlu pengambilan langkah awal bagi aparat yang bertugas tapi ga perlu sampai terpancing emosi juga.



Permasalahan ketenagakerjaan di negeri kita ini boleh dikatakan cukup besar. mulai dari Kasus TKI , kenaikan Harga, upah minim dan masih banyak lagi.

Walaupun selamanya akan terjadi interaksi dan dinamika dalam konteks hubungan industrial khususnya bagaimana menyatukan kepentingan antara pekerja dengan pengusaha. 


Namun kita ga boleh lelah untuk terus menerus mencari titik temu. Sebenarnya itu bukan sesuatu yang sulit dicapai asalkan masing-masing pihak memiliki komitmen yang jelas dan seiring toh. Bukankah sudah seharusnya pengusaha selalu mendudukkan pekerja sebagai aset penting bagi perusahaan. Dan sebaliknya buruh pun harus ikut memikirkan perusahaan demi masa depan mereka juga.


 

Kewajiban para pekerja bukankah untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan di tempat mereka bekerja ? Tanpa kontribusi yang memadai maka nasib perusahaan akan terancam apalagi di tengah persaingan yang semakin ketat sekarang ini. Namun di sisi lain haruslah tetap menjadi pemikiran pengusaha untuk bagaimana mengelola pekerja dengan sebaik-baiknya. Memikirkan kesejahteraan, perlindungan dan kebutuhan-kebutuhan lain.

Ada pula persoalan yang lebih diakibatkan oleh sikap pekerja yang kurang kondusif dan hanya semata-mata menuntut hak tanpa diimbangi dengan kontribusi. Bagaimana pun buruh perlu memahami kesulitan-kesulitan yang dihadapi perusahaan. Perlu mengetahui bagaimana tuntutan kinerja yang semakin tinggi sehingga menuntut profesionalisme dan juga komitmen kuat untuk memajukan perusahaan. Jangan harap kesejahteraan meningkat kalau perusahaan tidak tumbuh dan berkembang. Sementara itu perusahaan tak bisa diharapkan maju kalau para pekerjanya ngga maksimal apalagi kalau sampai menjadi faktor penghambat


Mari kita merayakan Hari buruh ini (May Day) dengan aman tanpa ada aksi anarkis , semoga tuntutan para buruh selama ini bisa dikabulkan
Posted by: iqbal fazarullah
8ballstories Updated at: 9:56 AM

No comments:

Post a Comment